Pola Asuh Orang Tua Demokratis Dan Kemampuan Membaca Siswa Kubaca

Siti Dina Zakiroh, Yuanita Sari

Sari


Pola asuh demokratis adalah salah satu bentuk pola asuh orang tua yang memperhatikan dan menghargai kebebasan anak tetapi tetap dalam bimbingan orang tua. Pola asuh ini memberikan kebebasan mengemukakan pendapat dan melakukan apa yang diinginkan dengan tidak melanggar batas-batas yang ditetapkan orang tua. Kemampuan membaca adalah kesanggupan anak membaca kalimat dan mengerti serta dapat melisankannya. Dengan 41 orang anak sebagai sampel dan metode angket pola asuh serta angket kemampuan membaca untuk pengambilan data yang kemudian diolah dengan statistik analisis regresi, diperoleh hasil bahwa pola asuh demokratis mempunyai pengaruh sangat signifikan terhadap kemampuan membaca siswa Kubaca menggunakan metode flash card dengan p = 0,079 , Fempirik = 3,174 pada db = 39 dengan taraf signifikansi 5% dan 1% . Hipotesa diterima.


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.