Implementasi Metode Servqual Pembelajaran Dan Perbaikan Kualitas Layanan Studi Kasus UNKAR Surabaya

Lusi Zafriana

Sari


Era globalisasi adalah era persaingan mutu. Butir mutu terpenting dan mudah dilakukan untuk meningkatkan mutu adalah pada proses pembelajarannya. Proses pembelajaran yang baik akan berpengaruh pada sistem penjaminan mutu Perguruan Tinggi, sehingga mampu menghasilkan kualitas outcome (keluaran) yang berupa lulusan yang handal, dan pada akhirnya akan menjamin keberlanjutan minat calon mahasiswa untuk melanjutkan studi S1 ke UNKAR.

Analisis Gap Servqual Pembelajaran dilakukan dengan mengembangkan atribut-atribut dari 5 dimensi servqual yang ada. Dari atribut tersebut, kemudian dibuat desain kuesioner berupa pertanyaan-pertanyaan yang mampu mewakili atribut-atribut yang dimaksud.

Dengan mengembangkan pertanyan kuesioner sebanyak 15 butir yang mewakili atribut, maka didapatkan hasil gap terbesar, yaitu pertanyaan ke-9 sesuai dengan lima dimensi jasa adalah dimensi reliability dengan nilai gap -0.05.

 

Kata Kunci : Analisis Gap, Penjaminan Mutu, Proses Pembelajaran dan Servqual


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.