Analisis Pemilihan Supplier Bahan Baku Menggunakan Metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP)

Winda Sulistiana, Evi Yuliawati

Sari


PT. Mitra Mandiri Perkasa adalah sebuah perusahaan yang memproduksi furniture, yang seluruh output produksinya diekspor ke Amerika.  Sehingga kualitas produk dan ketepatan waktu menjadi kriteria penting yang harus selalu dijaga.  Beberapa supplier yang saat ini dimiliki oleh PT. Mitra Mandiri Perkasa untuk bahan baku utama berupa kayu adalah PT. Aneka Lokanusa Utama, PK. Tiga Saudara dan UD. Berkah

Karena penelitian ini melibatkan lebih dari satu kriteria dalam menentukan supplier, maka agar dapat membuat keputusan yang tepat diperlukan metode Multi Criteria Decision Making (MCDM) yaitu metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan Fuzzy Set, yang selanjutnya disebut dengan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) yang digunakan  mengatasi keterbatasan pada metode Analytical Hierarchy Process (AHP) yaitu ketidakmampuan dalam mempertimbangkan ketidakpastian yang muncul akibat subyektivitas manusia.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 5 kriteria yang harus dipertimbangkan dalam menentukan supplier PT. Mitra Mandiri Perkasa yaitu kualitas, harga, pengiriman, garansi,  layanan dan pengaduan, serta kapasitas dan fasilitas produksi.  Hasil dari tahapan metode Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP) didapatkan urutan supplier : bobot 0,38  untuk PT. Aneka Lokanusa Utama,  bobot 0.33 untuk UD. Berkah dan bobot 0,29 untuk PT. Tiga Saudara.

 

Kata kunciSupplier, Kriteria Pemilihan Supplier, Perbandingan Berpasangan, Fuzzy Analytical Hierarchy Process (FAHP)


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.