Optimalisasi Produktivitas Kerja Perusahaan Berbasis Balanced ScorecarD (BSC) Pada Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) X Surabaya

Isty Fauziah, Manik Ayu Titisari

Sari


Suatu perusahaan pasti memiliki visi dan misi dalam menjalankan perusahaannya. Perusahaan perlu menetapkan strategi yang bagus untuk menjalankan visi dan misi tersebut untuk mendorong pencapaian tujuan perusahaan agar  maju dan bertahan dimasa yang akan datang. Hal ini adalah gambaran kinerja perusahaan. Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP) X Surabaya adalah salah satu perusahaan jasa yang bergerak dibidang pelayanan jasa penilaian properti dan bisnis yang berada di bawah Kementrian Keuangan. Dalam mengevaluasi performa perusahaan KJPP X telah melakukan pengukuran kinerja. Namun pengukuran kerja perusahaan selama ini dilakukan hanya berdasarkan aspek finansial. Sedangkan sistem pengukuran kinerja yang baik adalah sistem yang merupakan penjabaran visi, misi dan strategi perusahaan itu sendiri baik kinerja finansial maupun nonfinansial. Oleh karena itu metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Balanced Scorecard untuk mempresentasikan keseluruhan kinerja perusahaan. Pengukuran kinerja dalam penelitian ini menetapkan sistem pengukuran mengunakan metode AHP dalam penentuan bobot, penentuan tujuan strategis dari masing masing perspektif (financial, pelanggan, proses bisnis internal, pertumbuhan dan pembelajaran), penentuan Key Performance Indikator (KPI) dan penentuan target.   Dari hasil penelitian diperoleh kinerja KJPP X Surabaya secara keseluruhan adalah cukup baik dengan nilai kinerja sebesar 42 %. Dari hasil metode AHP diperoleh bobot dari keempat kriteria perspektif  yang paling dominan adalah perspektif keuangan dengan nilai bobot prioritas 0,582 Tercatat terdapat 5 sasaran strategis yang tercapai dari 12 sasaran strategis. Perbaikan inisiatif strategis yang tidak tercapai 7 inisiatif strategis diantaranya : 1. peningkatan profit dengan nilai bobot 0,80, 2. efisiensi biaya operasional dengan niali bobot 0,20, 3. peningkatan kepuasan pelanggan dengan nilai bobot 0,539,  4. loyalitas pelanggan dengan nilai bobot 0,297, 5. jumlah pelanggan baru dengan nilai bobot 0,164, kompetensi SDM dengan nilai bobot 0,557,  teknologi dan informasi dengan nilai bobot 0,123.

 

Kata Kunci : Balanced Scorecard, Produktivitas, Pengukuran Kinerja


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.