Ketepatan Perlakuan Akuntansi Dan Pengakuan Pendapatan Terhadap Penjualan Cicilan Untuk Menunjang Kewajaran Laporan Keuangan

Sutini -

Sari


Penjualan cicilan merupakan suatu cara yang sering dilakukan para pengusaha untuk meningkatkan daya beli masyarakat terhadap penjualan produknya saat ini. Penjualan cicilan adalah transaksi yang pembayarannya dicicil dengan batasan waktu yang tidak sebentar dan ditentukan oleh ke dua belah pihak, antara penjual dan pembeli. Sehingga diperlukan kontrol pinjaman untuk mengatasi kerugian yang mungkin terjadi bila pembeli tidak dapat melunasinya.

Metode pencatatan pendapatan seharusnya dilakukan dengan 2 (dua) cara, yaitu  dengan tunai dan cicilan sebagai pengakuan pendapatan saat terjadi penjualan. Hal tersebut berpengaruh terhadap laporan keuangan, karena kadang sudah diakui terjadi pendapatan, padahal belum terealisasi sepenuhnya terkait jangka waktu yang menyebabkan laba kotor terlalu besar.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana perlakuan akuntansi yang tepat terhadap penjualan cicilan dan pendapatan penjualan untuk menunjang kewajaran laporan keuangan.

Kata Kunci : Perlakuan Akuntansi, Penjualan Cicilan, Pendapatan Penjualan dan Laporan Keuangan


Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.