ANALAIS PENGARUH KARATERISTIK INDIVIDU DAN SELF LEADERSHIP TERHADAP KINERJA GURU SMP, SMA DAN SMK DI LINGUNGAN YAYASAN PERJUANGAN 45 SURABAYA

Sumarno -, Hasto Sudewo

Sari


Pada umumnya pengelola institusi pendidikan untuk meningkatkan mutu sekolah, antara lain dengan meningkatkan kinerja guru karena merupakan salah satu factor yang menentukan dalam konteks meningkatkan mutu pendidikan dan menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas. Penelitian ini menganalisis pengaruh karakteristik individu dan self leadership guru terhadap kinerja guru. Penelitian ini dilaksananakan pada guru tetap SMP, SMA, dan SMK Gema 45 Surabaya, Jl. Mayjend Sungkono no 106 Surabaya. Unit sampel penelitian ini adalah semua guru tetap (metode sensus), dengan populasi yang berjumlah 25 orang. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Hasil pengujian terhadap model pada penelitian, dengan menggunakan analisis regresi berganda, dan dengan bantuan software SPSS pada 25 responden, mampu menjelaskan pengaruh karakteristik individu self leadership guru terhadap kinerja guru tetap SMP, SMA dan SMK Gema 45 Surabaya. Hasil penelitian diperoleh nilai koefisien determinasi ganda (R2) sebesar 0,826, hal ini menunjukkan bahwa guru tetap dengan karakteristik individu yang baik dengan adanya self leadership yang tinggi, maka akan mendorong naiknya kinerja guru tetap SMP, SMA, dan SMK Gema 45 Surabaya sebesar 82,60%. Hal ini yang didapat dari penelitian ini adalah bahwa factor karakteristik individu dalam model penelitian ini menjadi yang paling dominan pengaruhnya terhadap kinerja guru tetap SMP, SMA, dan SMK Gema 45 Surabaya.

Kata kunci : Karakteristik individu, Self Leadership, Kinerja Guru

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.