ANALISIS FAKTOR YANG DIPERTIMBANGKAN WISATAWAN DALAM MEMILIH OBYEK WISATA MUSEUM MAJAPAHIT TROWULAN

Sumarno -

Sari


Diantara daerah wisata yang ada di Kabupaten Mojokerto salah satu daerah yang potensial adalah desa Trowulan yang sampai sekarang masih belum di manfaatkan dengan optimal. Kemampuan daya tarik objek wisata Museum Majapahit Trowulan belum begitu luas di ketahui dan dikenal masyarakat. Selama ini masyarakat sekitarnya hanya mengetahui informasiminim tentang keberadaan Museum Trowulan, padahal tempat ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi bagi Indonesia. Tempat imi adalah salah satu lokasi bersejarah terpenting di Indonesia yang berkaitan dengan sejarah kerajaan Majapahit. Penelitian ini brtujuan untuk mengetahui factor-faktor yang di pertimbangkan wisatawan dalam memilih Museum Majapahit Trowulan sebagai obyek kunjungan wisata.
Adapun tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara kuisioner yang dibagikan kepada para pengunjung Museum Majapahit Trowulan, selain itu juga dilakukan wawancara pada setiap pengunjung Museum Majapahit Trowulan dengan tujuan memperkuat pemahaman kuisioner.
Hasil dari penelitian ini yang menguji 20 variabel dengan menggunakan analisa factor ternyata terdapat 6 faktor yang mempunyai Eigenvalue lebih dari 1 dengan nilai prosentase variance kumulatif sebesar 57,659%. Adapun 6 faktor yang mempengaruhi pengunjung dalam memilih berkunjung ke Museum Majapahit Trowulan adalah sebagai berikut : 1) Faktor koleksi benda sejarah dan harga yang terjangkau (variance = 18,165%), 2) Faktor wawasan wawasan sejarh, fasilitas, dan paket wisata pendidikan (variance=10,88%), 3) Faktor Promosi (variance=9,057%), 4) Faktor pengaruh teman dan family (variance=7,399%), 5) factor pelayanan yang baik dan tempatnya bersih (variance=6,571%) dan 6) Faktor kemudahan menjangkau lokasi (variance=5,581%)

Kata Kunci : wisatawan, memilih obyek wisata, museum majapahit

Teks Lengkap: PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.